6 Cara agar Kulkas Tak Boros Listrik

Pada saat ini, ada banyak sekali barang elektronik di dalam rumah. Mulai dari TV, AC, mesin cuci, dan juga kulkas. Semuanya tentu memerlukan energi listrik untuk bisa berfungsi dan mempermudah hidup kita. Semakin banyak energi yang diperlukan oleh barang elektronik, tentu akan semakin tinggi tagihan listrik setiap bulannya. Saat ini kebanyakan benda elektronik memiliki sistem ramah lingkungan. Namun, hal itu saja tidak cukup. Anda juga perlu melakukan kebiasaan dan perilaku hemat energi di dalam rumah. Salah satu benda yang sering digunakan adalah kulkas. Dalam satu hari, Anda atau anggota keluarga di rumah pasti membuka kulkas lebih dari satu kali. Karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat kulkas yang sering Anda gunakan itu jadi tidak boros listrik. Simak beberapa kiatnya di bawah ini.

Keluarkan Udara Panas

Jangan letakkan kulkas Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Sama juga halnya dengan benda-benda yang menghasilkan panas ketika sedang beroperasi. Ikutilah buku petunjuk, berikan jarak sekitar radius 15 cm dari benda-benda sekitar. Ketika dinyalakan, kulkas mengeluarkan udara panas. Jika tidak ada jarak, maka udara panas itu akan menumpuk dan membuat mesin kulkas semakin panas. Lama kelamaan tentu malah jadi rusak. Untuk memperbaikinya, Anda yang tinggal di daerah Jakarta Selatan dan sekitarnya bisa menggunakan jasa Service kulkas Jakarta Selatan.

Segera Tutup Pintu Kulkas

Jangan berlama-lama ketika sedang membuka pintu kulkas. Tutuplah segera setalah Anda mengambil makanan di dalam kulkas. Hal ini karena ketika pintu dibuka, ternyata terjadi lonjakan energi yang digunakan oleh lemari es. Semakin lama dibuka, tentu energinya semakin banyak. Apalagi jika pintu kulkas semakin sering dibuka. Tentu banyak menguras energi.

Suhu Ideal

Anda perlu tahu bahwa suhu ideal di lemari es bagian bawah adalah sekitar 2-5 derajat Celcius. Sedangkan untuk bagian atas atau freezer, suhu idealnya adalah -15 derajat Celcius. Tentunya, semakin dingin temperatur lemari es, semakin lama dan semakin berat juga kerja dari kompressor sehingga konsumsi energi listrik juga otomatis akan semakin besar. Karena itu, usahakan agar kulkas tetap dalam suhu idealnya.

Jangan Masukkan Selagi Panas

Banyak orang yang menginginkan hal instan. Salah satu contohnya adalah ingin makanan yang panas dapat dingin dengan cepat. Karenanya, mereka langsung meletakkan makanan dengan suhu yang panas ke dalam kulkas agar cepat dingin. Padahal, hal ini membuat kerja lemari es jadi semakin keras agar makanan tersebut cepat turun suhunya. Tentunya, hal ini membuat kulkas jadi boros energi.

Jangan Berlebihan

Simpan makanan di lemari es sesuai dengan kapasitas kulkas. Jika Anda memang banyak menyimpan makanan, lebih baik memang menggunakan lemari es yang berukuran lebih besar. Minimal, pilihlah dengan baik makanan apa yang bisa disimpan di luar lemari es agar tidak kepenuhan. Terlalu banyak benda di dalam kulkas akan menghalangi udara dingin yang seharusnya bersirkulasi. Jika sudah begitu, maka mesin kulkas akan bekerja ekstra agar suhu udara bisa berputar di dalam. Begitu juga halnya dengan membiarkan lemari es kosong yang ternyata juga membutuhkan daya listrik yang jauh lebih besar.

Segera Perbaiki

Jika Anda menemukan beberapa kerusakan pada kulkas, segeralah perbaiki. Misalnya, salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah karet pada bagian pinggir kulkas yang longgar sehingga kulkas jadi susah dingin. Udara dingin di dalam kulkas terbuang ke luar dengan sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *