Perbedaan Print DTG dengan Sablon Biasa

Anda sedang berencana membuat kaos custom tapi belum yakin dengan metode mana yang terbaik? Memang ada berbagai metode yang bisa dipilih saat membuat print kaos! Ada dua jenis yang paling populer yang dipilih pelanggan antara pencetakan sablon atau pencetakan Direct to Garment (DTG).

Sablon (Screen Printing)

Sablon biasa yang disebut dengan screen printing adalah salah satu metode yang paling populer untuk mencetak desain print kaos. Layar khusus dengan karya seni yang Anda dibuat (seperti stensil) untuk setiap desain. Setelah layar dibuat, layar kemudian diletakkan di atas kain dan kemudian tinta didorong melalui stensil menggunakan pisau isi untuk mencetak desain. Prosesnya akan diulang menggunakan layar yang berbeda jika Anda membutuhkan banyak warna.

Satu warna bisa diaplikasikan pada saat mencetak sablon. Beberapa layar dibuat jika ada banyak warna yang digunakan. Oleh karena itu, jumlah warna yang digunakan terkadang dibatasi karena setiap lapisan membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga, yang pada akhirnya berarti lebih banyak uang. Idealnya, sablon merupakan pilihan tepat jika karya seni Anda hanya melibatkan 1-2 warna.

Jika Anda berencana untuk membeli print kaos banyak, biaya per unit akan menjadi lebih murah bila memilih metode DTG.

Print DTG

Metode DTG printing adalah proses printing pada kain menggunakan teknologi inkjet khusus atau modifikasi. Caranya pada dasarnya seperti printer. Pencetakan DTG adalah metode yang cukup baru namun menjadi salah satu yang paling banyak digunakan karena memungkinkan banyak variasi dibandingkan dengan sablon. Dengan pencetakan DTG, tinta cepat mengering karena langsung diserap ke kain dan menjadi bagian dari kaos itu sendiri.

Karena itu menjadi bagian dari kaos, maka Anda tidak perlu khawatir print kaos akan retak, pengelupasan, atau print yang rusak. Karena pencetakan DTG pada dasarnya seperti printer, Anda bisa mencetak gambar dengan kualitas tinggi dengan lebih detail dibanding sablon. Pencetakan DTG memungkinkan Anda menggunakan warna sebanyak mungkin saat membuat kaos cetak custom.

Tidak seperti sablon, tidak ada perbedaan harga untuk pesanan dengan print DTG ini, karena membutuhkan waktu dan bahan yang sama untuk membuat setiap kaos. Cara ini juga merupakan pilihan yang baik bagi Anda yang tidak memiliki anggaran untuk pesanan besar karena bisa dipesan secara satuan.

Pencetakan DTG paling baik bekerja pada kaos berbahan katun 100%. Karena tinta berbasis air yang digunakan untuk pencetakan DTG cenderung menolak serat. Biasanya di perusahaan print kaos digital seperti custom.co.id sudah ada pilihan kaos terbaik yang siap untuk menampung desain Anda. Jika Anda masih sulit memikirkan tentang desain, maka desainer dari custom.co.id akan membantu Anda menentukan desain yang tepat. Tunggu apalagi, segera cetak desain Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *